HARYOTO JALUR DUA SUNGAILIAT

Sabtu, 04 April 2009

Silabus RPP Matematika Kelas 6

MODEL
Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
DUNIA MATEMATIKA 6
untuk Kelas 6 SD
Berdasarkan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi dan Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI
SOLO
Kata Pengantar
Rasa syukur yang sedalam-dalamnya penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk mata pelajaran Dunia Matematika SD ini dengan sebaik-baiknya. Model Silabus dan RPP merupakan komponen dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing tingkat satuan pendidikan.
Model Silabus dan RPP ini disusun sebagai pelengkap buku Dunia Matematika SD. Penyusunan model ini dimaksudkan untuk membantu para guru sebagai pelaksana pembelajaran di kelas dalam menyampaikan materi kepada anak didiknya. Namun, model yang kami susun ini sifatnya hanya sebagai alternatif sehingga para guru dapat menyesuaikan dengan kondisi di sekolah masing-masing.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa model ini belumlah sempurna. Oleh karena itu, demi perbaikan pada edisi berikutnya, penulis mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca yang sifatnya membangun.
Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri beserta staf dan karyawannya sehingga model ini dapat diterbitkan dan dimanfaatkan oleh guru sebagai panduan dalam pembelajaran. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
Solo, Januari 2008
Penulis
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu : 32 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK
􀂃 Menentukan FPB
􀂃 Menentukan KPK
􀂃 Mencari FPB dan KPK dari dua bilangan tertentu
Tes lisan, tertulis dan tugas
14 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Memahami akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
Operasi hitung bilangan bulat
􀂃 Mengenal bilangan kubik
􀂃 Mengenal akar pangkat tiga
􀂃 Pemecahan masalah bilangan pangkat tiga
􀂃 Menghitung volume kubus
􀂃 Menghitung faktorisasi prima
􀂃 Menghitung panjang rusuk kubus
Tes lisan, tertulis dan tugas
18 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu : 16 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Mengenal satuan debit
􀂃 Memahami satuan volume dan satuan waktu
􀂃 Memahami kosep debit
􀂃 Menyebutkan satuan volume
􀂃 Menyebutkan satuan waktu
􀂃 Menghitung debit bensin
Tes lisan, tertulis dan tugas
10 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
Satuan debit
􀂃 Menghitung debit air
􀂃 Menghitung aliran bendungan, air terjun dan pancuran
Tes lisan, tertulis dan tugas
6 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
Alokasi Waktu : 50 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datr sederhana
􀂃 Menghitung luas persegi panjang
􀂃 Menghitung luas persegi
􀂃 Menghitung luas jajargenjang
􀂃 Menghitung luas belah ketupat
􀂃 Menghitung luas layng-layng
􀂃 Menghitung luas trapesium
􀂃 Menghitung luas lingkaran
􀂃 Menghitung luas roda kayu
􀂃 Membuat lingkaran, persegi panjang, persegi, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang pada kertas karton dengan ukuran sesuai ketentuan
Tes lisan, tertulis dan tugas
28 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Menghitung volume bangun ruang
Bangun datar dan bangun ruang
􀂃 Menghitung volume balok
􀂃 Menghitung volume kubus
􀂃 Menghitung volume limas
􀂃 Menghitung volume kerucut
􀂃 Menghitung volume prisma
􀂃 Membuat bangun ruang dari karton
􀂃 Menghitung volume bak mandi
Tes lisan, tertulis dan tugas
22 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan menyajikan data
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Mengumpulkan dan membaca data
􀂃 Membaca tabel
􀂃 Membaca grafik
􀂃 Membaca diagram
􀂃 Mencari informasi dengan melihat tabel, grafik, diagram
Tes lisan, tertulis dan tugas
14 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
Kajian data
􀂃 Mengklasifikasi data dalm bentuk tabel
􀂃 Mengolah nilai ulangan dalam bentuk tabel
Tes lisan, tertulis dan tugas
4 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/2
Standar Kompetensi : 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu : 44 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Menyederhanakan dan mengurutkan nilai
􀂃 Menyederhanakan nilai dengan menggunakn pita
􀂃 Melakukan pengubaha penyebut agar nilainya sama
􀂃 Mengurutkan data dari yang terkecil
􀂃 Mengurutkan data dari yang terebsar
Tes lisan, tertulis dan tugas
14 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Mengubah bentuk pecahan menjadi desimal
􀂃 memahami nilai pecahan
􀂃 mengenal berbagai bentuk pecahan
􀂃 mengubah pecahan menjadi desimal
􀂃 menyebutkan macam-macam pecahan
􀂃 membulatkan angka desimal
Tes lisan, tertulis dan tugas
18 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Memahami perbandingan dan skala
Operasi hitung pecahan
􀂃 memahami perbandingan
􀂃 memahmi penentuan skala
􀂃 membandingkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan
􀂃 menentukan skala gambar
Tes lisan, tertulis dan tugas
12 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Alokasi Waktu : 26 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Membuat denah letak benda
􀂃 membaca denah letak benda atu rumah
􀂃 mengamati denah sekolah atau rumah
Tes lisan, tertulis dan tugas
6 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Menentukan letak benda atau tempat pada denah atau peta
􀂃 membaca peta
􀂃 menentukan lokasi pada peta
􀂃 mencari okasi kota-kota di peta
􀂃 membaca denah rumah
Tes lisan, tertulis dan tugas
8 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Menentukan posisi pada bidang koordinat
Sistem koordinat
􀂃 mengenal sumbu X dan sumbu Y
􀂃 menggambar grid
􀂃 menentukan koordinat titik
􀂃 menentukan koordinat titik pada grid
Tes lisan, tertulis dan tugas
12 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VI/1
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
Alokasi Waktu : 30 jam pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber bahan/Alat
Menyajikan dalam bentuk tabel dan diagram gambar, diagram batang, dan diagram lingkaran
Pengolahan data
􀂃 menyajikan diagram gambar
􀂃 menyajikan diagram garis
􀂃 menyajikan diagram batang
􀂃 mencari rataan, modus dan median
􀂃 menggambar berbagai diagram
􀂃 menghitung rataan, modus dan median dari data tabel
Tes lisan, tertulis dan tugas
30 jam
Dunia Matematika SD Kelas 6
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 1-7
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakn sifat operasi hitung termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK
Indikator :
􀂃 Mencari FPB dan KPK dari dua bilangan tertentu
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. menentukan FPB dari dua bilangan
2. menentukan KPK dari dua bilangan
II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 1-4
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Meminta siswa untuk menjawab pertanyaan prasyarat yang berkaitan dengan materi yang dibahas
• Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar)
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang FPB dari dua bilangan
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari FPB, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 5-7
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang mencari KPK dari dua bilangan
2. Secara berkelompok siswa mengerjakan soal latihan mencari KPK, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 3-8)
VI. Penilaian :
1. Tentukan KPK dan FPB dari bilangan berikut ini :
a. 16 dan 34
b. 20 dan 30
c. 25 dan 50
d. 80 dan 120
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 8-16
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Standar Kompetensi : 1. melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Memahami akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
Indikator :
􀂃 Menghitung volume kubus
􀂃 Menghitung faktorisasi prima
􀂃 Menghitung panjang rusuk kubus
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. menerapkan rumus mencari volume kubus
2. menentukan faktorisasi prima
II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung bilangan bulat
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 8-10
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang menghitung volume kubus
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus volume kubus, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 11-13
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang mencari faktorisasi prima
2. Secara berkelompok siswa mencari faktorisasi prima dari suatu bilangan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 14-16
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang rusuk kubus
2. Secara berkelompok siswa menghitung panjang rusuk kubus, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 9-14)
VI. Penilaian :
1. sebuah bak mandi berbentuk kubus dengan panjang rusuk 45 cm. Berapakah volume bak mandi ?
2. Akuarium berbentuk kubus mempunyai volume 2.744 dm3. berapakah panjang rusuk tersebut ?
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 17-21
Alokasi Waktu : 10 x 35 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Mengenal satuan debit
Indikator :
􀂃 Menyebutkan satuan volume
􀂃 Menyebutkan satuan waktu
􀂃 Menghitung debit bensin
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. menjelaskan satuan volume dan waktu
2. menentukan debit bensin
II. Materi Pembelajaran
Satuan Debit
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 17-19
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang satuan volume dan waktu
2. Secara berkelompok siswa menerapkan cara mengubah satuan volume dan waktu, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 20-21
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang menghitung debit
2. Secara berkelompok siswa menghitung debit bensin kendaraan bermotor, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 21-24)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 22
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 22-24
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : 2. Menggunakan pengukuran volume per waktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit
Indikator :
􀂃 Menghitung aliran bendungan, air terjun dan pancuran
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. menentukan debit aliran bendungan, air terjun dan pancuran
II. Materi Pembelajaran
Satuan Debit
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 22-24
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang debit aliran air
2. Secara berkelompok siswa menerapkan cara menghitung debit aliran bendungan, air terjun, dan pancuran, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 21-24)
C. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 23
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 25-38
Alokasi Waktu : 28 x 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
Kompetensi Dasar : Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana
Indikator :
􀂃 Menghitung luas roda kayu
􀂃 Membuat lingkaran, persegi panjang, persegi, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang pada kertas karton dengan ukuran sesuai ketentuan
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membuat dan menentukan luas bangun datar
II. Materi Pembelajaran
Bangun datar dan bangun ruang
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 25-28
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan luas persegi panjang dan persegi
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus luas persegi panjang dan persegi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 29-32
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan luas jajargenjang dan belah ketupat
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus luas jajargenjang dan belah ketupat, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 33-36
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan luas layang-layang dan trapesium
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus layang-layang dan trapesium, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
D. Pertemuan Ke 37-38
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan luas lingkaran
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus lingkaran, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 29-37)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 37
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 39-49
Alokasi Waktu : 22 x 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Menghitung luas segi banyak sederhana, luas lingkaran, dan volume prisma segitiga
Kompetensi Dasar : Menghitung volume bangun ruang
Indikator :
􀂃 Membuat bangun ruang dari karton
􀂃 Menghitung volume bak mandi
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membuat dan menghitung volume bangun ruang
II. Materi Pembelajaran
Bangun datar dan bangun ruang
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 39-41
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan volume persegi panjang dan persegi
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus volume persegi panjang dan persegi, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 42-44
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan volume jajargenjang dan belah ketupat
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus volume jajargenjang dan belah ketupat, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 45-47
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan volume layang-layang dan trapesium
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus volume layang-layang dan trapesium, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
D. Pertemuan Ke 48-49
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan volume lingkaran
2. Secara berkelompok siswa menerapkan rumus volume lingkaran, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
3. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
4. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 41-48)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 49
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 50-56
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan menyajikan data
Kompetensi Dasar : Mengumpulkan dan membaca data
Indikator :
􀂃 Mencari informasi dengan melihat tabel, grafik, diagram
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membaca tabel, grafik dan diagram
II. Materi Pembelajaran
Kajian data
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 50-52
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara membac tabel
2. Secara berkelompok siswa mencari informasi dari membaca tabel, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 53-54
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara membaca grafik
2. Secara berkelompok siswa mencari informasi dari membaca grafik, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 55-56
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara membac diagram
2. Secara berkelompok siswa mencari informasi dari membaca diagram, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
3. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
4. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 37-60)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 61
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 1
Pertemuan Ke- : 57-58
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
Standar Kompetensi : 4. Mengumpulkan dan menyajikan data
Kompetensi Dasar : Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
Indikator :
􀂃 Mengolah nilai ulangan dalam bentuk tabel
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Cara mengolah nilai ulangan dalam bentuk tabel
II. Materi Pembelajaran
Kajian data
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 57-58
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara mengolah nilai menjadi tabel
2. Secara berkelompok siswa mengubah nilai ulangan menjadi bentuk tabel, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 62-63)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 63
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 59-65
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menyederhanakan dan mengurutkan nilai
Indikator :
􀂃 Mengurutkan data dari yang terkecil
􀂃 Mengurutkan data dari yang terebsar
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 59-61
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara menyederhanakan pecahan
2. Secara berkelompok siswa menggunakan pita untuk menyederhanakan pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 62-65
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara mengubah penyebut
2. Secara berkelompok siswa mengubah penyebut menjadi sama nilainya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 73-78)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 79
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 66-74
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Mengubah bentuk pecahan menjadi desimal
Indikator :
􀂃 menyebutkan macam-macam pecahan
􀂃 membulatkan angka desimal
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Mengenal berbagai macam pecahan dan mnegubahnya dalm desimal
II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 66-68
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang nilai pecahan
2. Secara berkelompok siswa menyebutkan nilai pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 69-71
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan berbagai bentuk pecahan
2. Secara berkelompok siswa mempelajari berbagai bentuk pecahan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 72-74
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan cara mengubah pecahan ke dalm bentuk desimal
2. Secara berkelompok siswa mengubah pecahan ke dalam bentuk desimal, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 81-85)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 84
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 75-80
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Memahami perbandingan dan skala
Indikator :
􀂃 membandingkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan
􀂃 menentukan skala gambar
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Mengenal perbandingan dan skala
II. Materi Pembelajaran
Operasi hitung pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 75-78
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang perbandingan
2. Secara berkelompok siswa membuat nilai perbandingan, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 79-80
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang skala
2. Secara berkelompok siswa menentukan skala gambar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 87-91)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 90
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 81-83
Alokasi Waktu : 6 x 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Membuat denah letak benda
Indikator :
􀂃 mengamati denah sekolah atau rumah
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membuat denah sekolah atau rumah
II. Materi Pembelajaran
Sistem koordinat
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 81-82
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang denah lokasi
2. Secara berkelompok siswa mengamati denah rumah atau sekolah, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 83
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang membuat denah
2. Secara berkelompok siswa membuat denah sekolah, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 97-99)
VI. Penilaian :
Buatlah denah sekolahmu lengkap dengan keterangannya !
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 84-87
Alokasi Waktu : 8 x 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menentukan letak benda atau tempat pada denah atau peta
Indikator :
􀂃 mencari lokasi kota-kota di peta
􀂃 membaca denah rumah
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Menentukan lokasi tertentu pada peta
II. Materi Pembelajaran
Sistem koordinat
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 84-85
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang cara membaca peta
2. Secara berkelompok siswa mencari lokasi suatu tempat pada peta, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 86-87
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang membuat denah
2. Secara berkelompok siswa membuat denah rumah, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
3. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
4. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 99-101)
VI. Penilaian :
Tentukan letak kota-kota berikut ini pada peta Jawa Tengah !
a. Kudus
b. Semarang
c. Tegal
d. Indramayu
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 88-93
Alokasi Waktu : 12 x 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menentukan posisi pada bidang koordinat
Indikator :
􀂃 menentukan koordinat titik pada grid
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Menentukan lokasi tertentu pada peta
II. Materi Pembelajaran
Sistem koordinat
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 88-90
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sumbu X dan sumbu Y
2. Secara berkelompok siswa membuat garis koordinat , guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 91-93
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang titik koordinat
2. Secara berkelompok siswa menentukan titik koordinat, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 101-104)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 104
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : VI / 2
Pertemuan Ke- : 93-107
Alokasi Waktu : 30 x 35 menit
Standar Kompetensi : 7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
Kompetensi Dasar : Menyajikan dalam bentuk tabel dan diagram gambar, diagram batang, dan diagram lingkaran
Indikator :
􀂃 menggambar berbagai diagram
􀂃 menghitung rataan, modus dan median dari data tabel
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
Membuat diagram dan Menentukan rataan, modus, median
II. Materi Pembelajaran
Pengolahan data
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke 93-97
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang diagram gambar
2. Secara berkelompok siswa membuat diagram gambar , guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
B. Pertemuan Ke 98-102
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang diagram garis dan batang
2. Secara berkelompok siswa membuat diagram garis dan batang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
C. Pertemuan Ke 103-107
Pendahuluan :
1. Apersepsi :
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian Motivasi
Kegiatan Inti :
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang data tabel
2. Secara berkelompok siswa menentukan rataan, modus, median dati tabel, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar
Penutup :
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/ Bahan/ Sumber
Dunia Matematika Kelas 6 SD (hal 109-121)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal latihan halaman 119
.................., ......................................
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Matematika
................................... .......................................
NIP. NIP.

Tidak ada komentar: